Google

Tips n Tricks

Thursday, April 12, 2012

Mengenal Tujuan Wisata Di Korea

Pastinya gak asing lagi yah sama drama romantis dari negri ini. Beberapa serial dramanya sudah menjadi acara tetap di sebuah stasiun televisi. Pernah gak memperhatikan latar belakang atau setting dari drama televisi itu??? Banyak tempat-tempat yang memiliki keindahan alam menjadi setting dari serial itu. Nah, pengen dong ke sana dan menyaksikan sendiri keindahan alam yang sering menjadi setting dari serial drama itu.
Mumpung liburan masih bisa direncanakan, kenapa tidak merencanakan liburan keluarga ke Korea saja, yuk dibaca beberapa review tentang  beberapa objek wisata di sana.
Pulau ini terletak di semenanjung Korea yang berbatasan dengan Jepang. Dalam bahasa Korea pulau Jeju disebut Jejudo, terbentuk dari hamparan padang rumput penuh dengan bunga yang terbentang luas dan tebing-tebing yang sangat tinggi.
Pulau Jejudo sangat eksotik seperti halnya Bali, sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk pariwisata di negri itu. Beberapa kawasan wisata yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan antara lain;
1.      Gunung Halla
Terletak di tengah-tengah pulau Jeju dan dapat ditempuh dengan melakukan pendakian. Gunung ini akan terlihat indah ketika musim dingin tiba dimana salju yang turun menutupi hampir seluruh bagian gunung. Di musim panas, kabut tipis yang menutupi puncak gunung menambah kesan romantis dan begitu eksotis. Sehingga amat cocok menjadi setting dari sebuah drama romantis.
Di gunung ini juga, kita dapat menemui kuda khas korea yang memiliki bentuk tubuh lebuh kecil dari ukuran kuda biasanya.
gunung halla
Gunung Halla
Terletak di Jeju Jungmun Resort, pantai ini memiliki hamparan pasir pantai yang berwarna-warni, putih, merah dan hitam. Pantai ini jarang sekali dikunjungi para wisatawan, sehingga reatif selalu sepi. Di pantai ini juga para wisatawan bisa berselancar dan melakukan ski air.

pantai jungmun
Pantai Jungmun.
3.      Museum Haenyeo
Museum yang menyimpan berbagai benda yang menjadi bukti ketangguhan wanita Jeju dalam keahlian menyelam. Wanita Jeju sejak dahulu sudah terkenal dengan keahlian menyelam tanpa menggunakan alat selam yang memadai guna mencari kerang dan mutiara.
Haenyoe sendiri dapat diartikan sebagai wanita penyelam. Pada jaman dahulu, masyarakat puau Jeju yang mempunyai mata pencaharian dari menyelam. Sampai pada abad ke 19, pekerjaan menyelam dan mengambil kekayaan laut masih didominasi oleh pria. Namun pada perkembangan selanjutnya, kaum pria merasakan ketidakadilan, karena ketika seorang pria yang menyelam, maka ia harus membayar pajak dari seluruh penghasilan menyelamnya. Sedangkan ketika perempuan yang menyelam, ia tidak dibebankan pajak.
Sejak itu kegiatan menyelam diambil alih oleh para perempuan dan kaum laki-laki mengambil alih pekerjaan perempuan di rumah. Mereka merawat anak-anak dan berbelanja keperuan sehari-hari di pasar.
Konon, pada masa itu kaum perempuan memiliki kemampuan menyelam yang lebih baik daripada kaum laki-laki. Mereka mampu menyelam sampai ke dalaman 20 meter di bawah permukaan laut dan mampu menahan nafas lebih dari 2 menit. Kaum perempuan mampu mengumpulkan hasil laut yang sangat banyak, sehingga bisa menopang kehidupan keuarga mereka.
Ketika hasil laut mereka kemudian diimpor ke Jepang, kehidupan mereka jadi lebih baik, sehingga mereka bisa menabung dan bisa menyekolahkananak-anak mereka ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Sejalan dengan itu, jumlah perempuan yang menjadi haenyoe terus berkurang. Ini dikarenakan para Haenyoe yang telah berhasil menyekolahkan anak-anaknya tidak ingin anak-anaknya mengikuti jejak mereka sebagai Haenyoe. Mereka lebih menginginkan anak-anak mereka menjadi karyawan dan bekerja di perusahaan perusahaan besar.
Museum Haenyeo
Museum Haenyeo

Selain objek wisata alam, ada beberapa tempat lagi yang merupakan setting dari beberapa serial drama korea. Beberapa tempat itu diantaranya adalah;
1.      Lotte World.
Tempat ini merupakan setting dari drama Korea Meteor Garden yang menjadi booming di Indonesia beberapa tahun silam.
Untuk dapat sampai di lotte world ini, anda dapat menggunakan subway line 2 dan turun di stasiun Jamsil.
Lotte World ini juga merupakan lokasi wisata dan pusat perbelanjaan terbesar di Korea, arena permainan ala disneyland pun tersedia di sini.
2.      Myeon dong
Salah satu kawasan yang menjadi favorit bagi setiap turis yang datang ke Seoul. Karena di tempat ini ada banyak tempat pilihan berbalanja mulai dari brand lokal hingga brand internasional seperti H&M, GAP dan Uniqlo.
Outlet-outlet kosmetik pun tersebar di di sini.
Untuk mencapai Myeondong bisa dengan menaiki subway line 4 warna biru dan turun di stasiun Myengdong.
untuk wisata kuliner pun Korea amat kaya akan ragam makanan yang terkenal enak dan sehat, karena sebagian besar komposisi dari makanan itu adalah sayur-mayur. Sebut saja kimbap, makanan ini seperti halnya sushi maki di Jepang, adalah nasi gulung yang ditengahnya diberi berbagai aneka sayuran warna-warni dan dibungkus dengan rumput laut.
Ada juga Kimchi yang merupakan makanan yang hampir disukai oleh semua orang Korea. Kimchi ini sejenis sayuran sawi yang difermentasikan dalam sebuah gentong tanah liat, mempunyai cita rasa pedas dan asam.

3 comments:

food dehydrator said...

mantabb
Wisata Jawa Timur

Seilha said...

yaap =]
kalo ada yg kurang jelas, yuk bisa ditanyakan..

rizkikurnia said...

makasih bu infonya… Saya juga suka sama Korea jadi sedang kumpulin info tentang wisata Korea dari
di FBnya KTO(Indonesia) dan Twitter @ktojakarta Dari sana bisa dapat info tentang festival, event, transportasi dan bisa dapat brosur dan peta Korea gratis jika diminta.

Kunjung balik ya ke

gamesisort

Kata-kata Hikmah..! Jelang Pemilu, Jangan Golput ! Di Pemilu 2009